Kuliah, tempat dimana strata pendidikan naik satu tingkat setelah lulus
SMA. Gimana nih agan-agan pendapat mengenai bangku perkuliahan? Menarik
bukan? Hehehe. Di artikel ini, ane share pengalaman
ane saat pertama kali masuk kuliah. Dalam hati ane nih "Ya tuhan
akhirnya gue kuliah juga". Kalo di tipi-tipi nih kuliah serasa ngga ada
beban. Pagi berangkat kuliah, siangnya pulang. Terus makan bareng
gebetan. Seru gah tuh kalo hidup kek gitu? NGGA guys! Hidup serasa
lempeng aja, ngga ada hal yang bisa kita gali. Potensi kita terkubur.
Untung cuma di tipi ya guys, jangan sampe deh ya kita ikutan begitu.
Amin. Sebelum ane ceritain pengalaman ane tentang bangku perkuliahan,
ane mau sedikit cerita tentang ane bisa kuliah yang nantinya akan ane
share di post selanjutnya. Banyak pro kontra ane kuliah
guys. Untuk kalian yang masih ragu kuliah, harus baca artikel ane ini.
Hehehe.
Oh iya, ane orangnya suka berencana guys. Sedari SMP, ane suka tuh
nulis-nulis rencana. Mulai rencana jangka pendek sampai jangka panjang.
Contohnya, ane iseng nih nulis rencana mau masuk SMA, dan kuliah
dimana. Walaupun cuma iseng, mudah mudahan terkabul.
Rezeki orang
kan ngga ada yang tau. Hehehe. puji tuhan, yang
iseng-iseng itu bisa jadi kenyataan, walaupun harapan yang ane tulis
itu ngga sesuai rencana ane, contohnya kaya ane rencanain mau kuliah
dimana eh nyatanya kuliah di Kota yang ayanh ane pengen.. ane sekarang
kuliah di UNIVERSITAS METHODIST INDONESIA FAK.PERTANIAN ( nyangkol
nyangkol gan ).
( gaya macam apa ini ? wkwkw )
(temen satu kampus ane gan hehehe )
Tapi puji tuhan apa yang ane rencanain dan ane harapkan bisa
terkabul. Sebelum masuk kuliah, agan-agan bakalan dihadepin dengan
yang namanya OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus). Nah, OSPEK
ini terbagi menjadi dua macem yaitu OSPEK Kampus dan OSPEK Jurusan. OMG! Tenang guys, OSPEMalesin banget kan? Tapi ngga usah negative thingking dulu
guys, kakak senior itu pengen adek-adeknya ini disiplin, dsb.
Biasanya OSPEK itu satu minggu, tapi kalo di kampus ane itu 2 hari
guys. Beda kampus pasti beda peraturan. Hehehe. Next, setelah masuk perkuliahan agan-agan bakalan dihadepin dengan yang namanya shock culture. Kenapa shock culture? Maksudnya
yaitu agan masih merasa belum menyesuaikan diri di tempat baru, belum
merasa nyaman dengan teman baru dan suasana kampus, apalagi dengan
sistem perkulihan yang beda dengan SMA. Ane kena shock culture (labil dalam berinteraksi) ampe
sekarang sih guys,ane sekarang udah masuk semester tiga stambuk 2016. Jangan ditiru ya. Faktor cuek
dan pemalu ane, jadi begini. Eitss, orang cuek dan pemalu ngga semua
begitu kok. Ane nya aja yang kurang beradaptasi, padahal anak sosial ya
hehehe.
WARNING! Bagi kalian yang baru masuk tahun
pertama kuliah, jangan terlalu sibuk dengan yang namanya berbagai
organisasi dan tetek bengek lainnya. Gini-gini juga ane ada pengalaman
guys mengenai itu. Makanya ane share disini
biar agan-agan pada ngga kayak ane. Dan ane bilang sekali lagi, ngga
semua yang ikut organisasi dan tetek bengek lainnya itu melalaikan
tugas kuliahnya (NGGA SEMUA). Tahun pertama ane ikut salah satu UKM
(Unit Kegiatan Mahasiswa) yang anti-maintream dari
ane SD, SMP, dan SMA. Ane berpikir, dengan masuknya ane ke organisasi
ini semoga ane bisa dapat lebih banyak kenalan dan pengalaman baru. Oh
iya, ngga lupa nih guys ane juga buat rencana apa yang bakal ane lakuin
pas ane kuliah, ane tulis rencana itu pas ane SMA. Pokoknya
direncanain mateng-mateng deh. Jangan lupa tulis resikonya ya guys..
Penting tuh. Dan ane terkejut nih guys, ternyata untuk bisa masuk ke
UKM ini perlu waktu setengah tahun agar bisa menjadi anggota tetap.
Seleksinya juga ngga main-main (maaf ya ane ngga bisa nyebutin nama UKM
nya) nah, gara-gara ane terlalu fokus sama organisasi, tugas-tugas ane
sebagian terbengkalai dan beberapa kali ngga masuk kuliah, ya walaupun
ada jatah ngga masuk kuliah, ternyata penting loh guys. Mempengaruhi
nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) nanti. Ingat ya guys,
perkuliahan itu beda dengan SMA. Agan-agan sekalian harus mempunyai
aturan tersendiri dalam menentukan kapan waktunya untuk kuliah dan
kapan waktunya untuk berorganisasi. Karena dampaknya begitu besar gan.
Apalagi mengenai IPK. Itu sangat sensitif. Walaupun ada beberapa orang
yang bilang "Ah buat apa IPK gede-gede toh kalo pengalaman
non-akademiknya rendah, ngga akan jadi apa-apa kalo lulus nanti.
Sarjana pengangguran juga kan". Tepis tuh pendapat ngga berbobot kaya
gitu.
Tujuan utama kita kuliah itu ya mencari ilmu,
harus sesuai dong nilai
ilmu yang kita dapet. Kalo ngandelin organisasi doang mah semua orang
juga bisa. Kata yang paling tepat menurut ane nih guys "Kenapa kita
ngga menyeimbangkan antara kuliah dan organisasi. Tanpa mengganggu
keduanya?" Walaupun itu sulit, bukan hidup namanya. Makanya Tuhan
memberikan konsep usaha dan doa agar manusia itu senantiasa bekerja
keras dalam menempuh hidupnya (keren ngga tuh kata-katanya? hehehe).
Ane mewanti-wanti nih untuk agan-agan pembaca setia ane (baru juga 18
artikel hehehe) ingat prioritas utama kita di bangku perkuliahan. Dosen
menilai tidak hanya melalu nilai UTS dan UAS saja, melainkan
kehadiran, tingkat keaktifan dikelas dan pengerjaan tugas secara tepat
waktu. Dosen bakal seneng tuh mahasiswanya semua kek begitu. Ya namanya
juga hidup ya guys. Mana ada yang tau ujian hidup datang, selain kita
berkomitmen dari awal. Nah itu pentih tuh, komitmen dari awal masuk
kuliah. Ane pernah tuh guys diomelin sama Dosen ane, gara-gara tidur
dikelas. Biasa, ane begadang sampe pagi gara-gara kegiatan online mulu
wkwkwk.
Nih yang paling penting nih, jangan sampe organisasi mengganggu
aktifitas perkulihan kita. Sebagai mahasiswa kita harus pintar membagi
waktu, kalo ngga? Tuh contohnya kaya ane barusan.. Sekian artikel
yang ane tulis agan-agan sekalian. Semoga bermanfaat..
(niat sambil mempromosikan kampus hehehe)
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
MUSIK
LINKIN PARK SELALU DI HATI | LINKIN PARK FANS INDONESIA | GIDION CHESTER
Rest In Peace Chester Bennington (1976-2017) You’ll be Forever in My Heart:) My heart is broken, My soul will never be put ba...
-
Hai,gays kali ini saya akan memposting beberapa pendapat cowok termasuk saya tentang alasan mengapa cowok lebih suka cewek manis daripa...
-
Menjadi diri sendiri jauh lebih penting dibanding menjadi apa yang orang lain pikirkan. Ketika langkah mu berbeda dengannya, janga...
-
Yoo yoo What’s up guys Gimana kabarnya? Baik-baik aja kan? Yoo dipostingan kali nih aku akan membahas tentang ciri-ciri cowok “Otaku”. da...



No comments:
Post a Comment