Skip to main content

Motifasi Buat Kamu Wahai Pejuang SBMPTN

[MOTIVASI SBMPTN]
“Apapun yang akan terjadi, saya telah melakukan yang terbaik, dan saya ikhlas apapun hasilnya."
Wahai para pejuang SBMPTN, kalau ada diantara kalian yang tidak suka dengan postingan ini, sesungguhnya orang tersebut mengingkari kenyataan. Because I’m telling you the truth.
Saya mendapat postingan [MOTIVASI SBMPTN] ini dari Line masuk ugm. Dan karena saya tertarik dengan postingan ini, akhirnya saya memutuskan untuk mengetik ulang dan membagikan nya untuk kalian wahai Pejuang SBMPTN.
Jadi yang mengetik ulang postingan ini sebut saja saya, dan pembuat artikel [MOTIVASI SBMPTN], tapi ini bukan acara kayak penjual borax itu ya,hanya saja maksud saya biar tidak beledru.Hehe
Warning! : Kalau takut semangatnya turun, lebih baik tidak usah dibaca. Karena, kenyataan memanglah pahit.
Dipostingan ini admin pingin menyampaikan beberapa poin, nanti di akhir akan ditutup dengan tips yah
1.    Bagaimanapun, peluang diterima SBMPTN itu kecil sekali.
Dengan mengambil sample sebuah jurusan tidak terkenal di universitas yang tidak terkenal pula (tidak disebutkan), perbandingan antara pendaftar dan kuota adalah 1035:27. Dengan kata lain, peluang diterima hanya 2,6%. Dua koma enam, bung. Itu baru di jurusan tidak terkenal di universitas yang tidak terkenal.
Sekarang, kalian daftar dimana ? Kedokteran ? Teknik ? UGM ? ITB ? UI?
Ouch.
2.    Tidak ada yang menjamin seseorang pasti diterima.
Sepintar apapun peserta, tidak ada yang menjamin dia akan diterima. Sepintar apapun, sejenius apapun. Sebaliknya, sebodoh apapun peserta, tidak ada yang menjamin dia ditolak. Jadi, jangan langsung pede/jemawa disaat kalian berhasil mengerjakan soal dengan lancar dan sukses.
Jatuh dari lantai 100 lebih sakit daripada jatuh dari lantai 1.
Trust me.
3.    Terkadang, hasil SBMPTN diluar perkiraan.
Ini masih berkaitan dengan nomor 2. Jangan heran kalau setelah pengumuman SBMPTN banyak komentar seperti ini:
“Aku udah belajar rajin banget tapi gak diterima”
“Aku udah bimbingan dari setelah UN, tapi gak diterima”
“Dia kan pinter banget, kok gak diterima sih ?”
“Hah? Aku kok diterima? Kok bisa? Wkwkwkw.”
‘Dia lebih pintar dari aku. Aku diterima,dia enggak.”
Itu semua hal yang biasa terjadi. Saya sendiri, ikut SBMPTN sekali,tapi menunjukan hasil yang tidak makes sense..
saat saya SBMPTN , sungguh demi apapun, saya benar-benar belajar mempersiapkan tes. Bahkan melebihi belajar untuk UN. Mengerjakan soal pun lancar-lancar saja walau memang sulit. Namun berujung pahit. Ada dua kemungkinan: kurang belajar, atau hanya sial.Namun saya berujungkuliah di universitas yang sangat terkenal di jurusan yang sangat terkenal pula,yaitu universitas methodist indonesia. hehee..

4.    SBMPTN itu ajang pembuktian.
Siapapun yang berhasil diterima di SBMPTN, kalian adalah orang hebat. Entah itu hebat karena memang pintar atau hebat karena beruntung. Pokoknya hebat.
Nanti kalau sudah kuliah, akan terlihat mana anak yang diterima karena beruntung, dan anak yang diterima karena pintar. If you know what I mean.
Okay. How ?
Dengan semua kenyataan pahit tersebut, nggak mungkin kan kalian batalin tes buat besok. Nggak mungkin dan gak boleh. Maka dari itu, admin kemudian kasih tips (semoga tidak sesat) katanya, haha . tips ini admin laksanakan di SBMPTN pertama (walaupun gagal) katanya.
1.    Tidur cepat,bangun subuh,sarapan. Jangan kotori pagi hari tes kalian dengan buka-buka buku. Sudah percuma, nggak akan bisa masuk lagi. Tutup semua buku kalian itu, tenangkan diri,berdoa.
2.    Datang pagi-pagi. Maksimal 30 menit sebelum tes. Niscaya hati kalian dalam keadaan tenang. Oiya, jangan lupa cari ruangan ujian sehari sebelumnya.
3.    Jangan lupa bawa air putih. Fresh water adalah senjata ampuh buat menghilangkan segala gundah gulana. Jangan lupa bawa roti atau apapun yagng lumayan mengenyangkan (tapi dilihat tanggal expirednya) hehe. Bisa dimakan saat break. Sama susu UHT juga boleh.
4.    Tips saat mengerjakan tes,silahkan kalian baca ditempat lain yang lebih paham mengenai teknis SBMPTN. Dimana kalian harus cepat,dimana skornya tinggi,dll. Karena teknisnya berubah setiap tahun. saya tidak berani memberi tips, takut sesat katanya.
5.    saya  heran dengan orang yang suka membahas soal yang barusan mereka kerjakan begitu keluar dari ruangan.
“Eh yang mekanika fluida tadi jawaban elu apa ? C atau D?”
“Rumus menghitung peluang itu ini kan?”
“Jawaban elu yang bahasa inggris no 5 tadi apa?”
“Yaaah kayaknya gue salah deh. Harusnya ini jawabannya.”
“Yess jawaban kita sama. Berarti bener.”
Guys, itu adalah kelakuan yang sangat konyol. saya tidak menjelaskan alasannya kenapa itu sangat tidak penting untuk dilakukan.
Sekeluarnya dari ruangan, kemudian pulanglah kerumah/kos,bersantailah seharian karena kalian telah melakukan perjuangan yang sangat besar. Bersihkan fikiran dengan nonton film, atau ngegame, atau tidur juga boleh.apapun yang sudah kalian kerjakan tadi,itu adalah usaha terbaik kalian. Just let it go, don’t ever think about it. Serahkan pada yang memberi keputusan.
6.    Ini yang paling penting. Paling peenting ! :D
Jangan dibutakan ambisi.
Tumbuhkan semangat setinggi-tingginya,belajar sebanyak-banyaknya,gantungkan impian setinggi-tingginya,tapi...
...setidaknya sediakan tempat dalam hati kalian,sedikit,sedikit saja,isilah bagian itu dengan:
“Apapun yang akan terjadi,saya telah melakukan yang terbaik, dan saya ikhlas apapun hasilnya.”
Jangan terbakar ambisi.
Kalau kalian dibutakan oleh ambisi yang menjadi-jadi,optimisme yang tidak dikira-kira,perasaan yakin diterima yang tidak dijaga, dan ternyata kenyataan berkata lain...
Percayalah,sakitnya gak main-main.
Sakitnya gak main-main.. hahaa..
(cukuplah saya dan beberapa orang saja yang merasakan. Kalian jangan sampai merasakan hal demikian) wkwkwkkk....
Diakhir kata saya tidak akan bilang “semangat ya”,”sukses ya”, atau apapun. saya hanya mau bilang,
Good luck. God bless you. ;)

                                      -GIDION SAHAT P -
             Fakultas Pertanian,Universitas Methodist Indonesia
                                  Angkatan/Stambuk 2016

Comments

Popular posts from this blog

5 ALASAN COWOK KENAPA LEBIH SUKA CEWEK MANIS DARIPADA CANTIK

Hai,gays kali ini saya akan memposting beberapa pendapat cowok termasuk saya  tentang  alasan mengapa cowok lebih suka cewek manis daripada cewek yang cantik.. hehee.. okee..  ini dia pendapat saya.. Pada hakikatnya semua ciptaan Tuhan ialah sempurna, yang cowok cakep dan ganteng-ganteng begitu pula cewek, manis dan cantik-cantik. Walaupun tidak semua yang Tuhan ciptakan itu sempurna tapi kesempurnaan itu yang bisa kita cari sendiri. Tak khayal, kadang kita sering merasa iri dan ‘ingin’ menjadi seperti orang lain. Mungkin karena apa yang mereka miliki tidak dimiliki oleh diri kita. Tapi percayalah setiap orang di dunia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah disini Warga mau ngebahas kenapa sih pria lebih tertarik sama wanita manis?? CEWEK MANIS ITU MERUPAKAN TIPE WANITA YANG MEMILIKI KECANTIKAN ALAMIAH JUGA MEMILIKI ‘ INNER BEAUTY ’ YANG KUAT Cewek manis bisa dilihat dari kesehariannya dalam beraktifitas maupun bergaul. Saat diajak ng

KAMU ADALAH SEORANG INJF JIKA SUKA MEMILIKI 7 HOBI INI

                                Walaupun memiliki sifat pendiam, seorang INFJ tetap suka bergaul dengan orang lain, namun ia lebih memilih untuk bersosialisasi dengan pertemanan dalam lingkaran kecil, hal ini disebabkan karena seorang INFJ cenderung menyukai percakapan yang berat, atau kita mengenalnya dalam istilah bahasa Inggris “deep conversation” dan dia bukanlah orang yang suka berbasa-basi, apalagi berteman dengan orang yang palsu. Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu INFJ, mereka adalah orang-orang dengan tipe kepribadian paling langka di dunia menurut tes psikologi MBTI (Myers-Briggs Personality Test), yaitu hanya mencapai 1 – 2% populasi di dunia. INFJ dikenal dengan singkatan; Introvert, iNtuitive, Feeling, Judging. Seorang INFJ cenderung menyukai hobi yang bersifat tertutup, dan segala kegiatan yang tidak melibatkan banyak orang di dalamnya. Apa sajakah kegiatan tersebut, mari simak tulisan berikut ini:  1. Menggemari Ilmu Metafisika We Hear

Kelebihan cowok otaku | ciri-ciri cowok otaku

Yoo yoo What’s up guys Gimana kabarnya? Baik-baik aja kan? Yoo dipostingan kali nih aku akan membahas tentang ciri-ciri cowok “Otaku”. dan saya juga penggemar anime mulai dari Naruto,dragon ball,one piece DLL.  Siapa sih yang tidak tau “Otaku” itu apa? Iya yang suka jejepangan itu. Iya yang suka nonton anime-anime itu. Iya yang kadang sedikit weaboo-an.. Pokoknya semua yang kamu bilang ada hubungan dengan anime dan jepang itu benar . Pasti disekeliling kamu semua,ada aja 1 orang cowok yang suka banget dengan jepang terutama anime. Sampai-sampai isi di laptop atau handphone pun kebanyakan video-video anime semua. Kalau udah bicara mengenai jepang atau anime pasti dialah orang nomor 1 yang paling heboh dan paling semangat ngobrolnya. Tapi,walaupun begitu kebanyakan keberadaan otaku ini terkadang dianggap aneh oleh sebagian orang. Ada yang beranggapan bahwasannya otaku itu masih kekanak-kanakanlah , kuper atau kurang dalam pergaulan , tidak suka bergaul , sukanya dengan dunia khayalan